Thursday, September 26, 2013

HIDRASI: Mengapa begitu penting? (02)

Oke, kemarin kita sudah sempat bahas, apa pentingnya hidrasi. Sekarang kita mau lanjutkan dengan beberapa topik, baca kelanjutannya. ;)

Disamping air, apa lagi yang dapat saya konsumsi untuk tetap terhidrasi dengan baik?
Air merupakan pilihan terbaik untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Ada juga minuman dan makanan lain yang dapat membantu menyediakan cairan yang Anda butuhkan, tetapi beberapa mungkin juga menambahkan kalori ekstra dari gula.

Minum jus buah dan sayuran, susu dan teh herbal dapat turut menyumbang jumlah air yang harus Anda dapatkan setiap hari. Bahkan minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda, dihitung juga sebagai cairan yang masuk ke tubuh Anda - sampai titik tertentu. Tapi lebih baik untuk membatasi konsumsi minuman berkafein karena kafein dapat menyebabkan orang lebih sering kencing, atau merasa cemas atau gelisah. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah tidak berlebihan, 200 s/d 300 mg (sekitar jumlah dalam 2 sampai 4 gelas kopi), tidak berbahaya bagi sebagian orang.

Air juga dapat ditemui pada buah dan sayuran, seperti semangka, tomat dan selada dan pada kaldu sup.

Bagaimana dengan minuman isotonik?
Bagi sebagian orang, air saja sudah cukup untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Bagaimanapun, jika Anda merencanakan untuk berolahraga sering atau lebih dari 1 jam, minuman isotonik bisa membantu karena mengandung karbohidrat yang dapat mencegah turunnya gula darah. Minuman olahraga juga dapat membantu menggantikan elektrolit jika Anda sedang demam, muntah atau diare.

Pilih minuman isotonik dengan bijak, karena beberapa mengandung banyak kalori dari gula dan mungkin mengandung sodium dalam jumlah besar. Juga periksa takaran penyajiannya. Satu botol bisa untuk beberapa kali penyajian. Beberapa minuman isotonik juga mengandung kafein. Jika Anda meminum minuman isotonik yang mengandung kafein, hati-hati supaya tidak mengkonsumsi dengan berlebihan.

Minuman isotonik tidak sama dengan minuman energi. Minuman energi biasanya mengandung kafein lebih tinggi dan stimulan lain (contoh guarana atau taurin) yang tidak dibutuhkan tubuh Anda. Kebanyakan minuman semacam ini juga banyak mengandung gula. Banyak ahli merekomendasikan supaya anak-anak dan remaja tidak mengkonsumsi minuman berenergi.

Tips untuk tetap terhidrasi
- Bawa botol minum setiap hari. Pertimbangkan untuk membawa botol yang bisa digunakan lagi dan isi dari galon dibandingkan membeli air minum dalam kemasan botol sekali pakai, yang mahal dan membuat sampah plastik bertambah.
- Jika Anda tidak tertarik minum air putih, coba tambahkan potongan lemon atau jeruk limau pada minuman Anda.
- Jika Anda akan berolah raga, pastikan Anda minum air sebelum, sewaktu dan setelah berolahraga.
- Awali dan akhiri hari Anda dengan segelas air putih.
- Ketika Anda merasa lapar, minum air. Rasa haus kadang disalah-artikan sebagai rasa lapar. Lapar yang sebenarnya tidak akan terpuaskan hanya dengan minum air. Minum air juga membantu menurunkan berat badan dengan sehat, seperti yang disarankan beberapa penelitian minum air akan membantu Anda merasa kenyang.
- Jadwalkan waktu minum Anda jika Anda memiliki masalah untuk mengingat waktu minum. COntoh, minum air ketika Anda bangun, saat sarapan, makan siang dan makan malam; dan ketika Anda akan pergi tidur. Atau minum segelas kecil air setiap jam.
- Minum air ketika Anda makan di restoran. Bukan hanya menjaga tubuh Anda terhidrasi, tapi juga gratis!

Nah, mudah bukan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi? Ayo, perbanyak minum air putih, dan tetap sehat terhidrasi!


No comments:

Post a Comment